Membuat skema atau bagan pertandingan otomatis

Suatu hari, di Desa Tumaritis... eh, yang saya tinggali pemudanya yang tergabung kedalam Karang Taruna Buana Kencana ingin mengadakan sebuah kegiatan turnamen, turnamen voli tepatnya. nah sebagai salah satu panitia dapat bagian membuat skema atau bagan pertandingan. seperti biasa langsung minta wejangan sama mbah google

hasil pencarian
dari hasil penelusuran dan bergonta-gonta keyword, seperti "membuat skema pertandingan, membuat bagan pertandingan, dll" belum juga dapat seperti yang saya inginkan. saya bermaksud untuk mencari aplikasi atau program yang bisa membantu membuat skema atau bagan pertandingan dengan cepat (otomatis). sekalinya dapat, aplikasinya berbayar (langsung keluar, tau sendiri alasannya) hehe
Akhirnya konsultasi dengan tante Google Translate, untuk meng-inggris-kan kata skema/bagan, tapi hasilnya pun tetap sama

hasil translate
nantinya salah satu kata diatas membawa saya kesebuah forum, dan menganjurkan saya menggunakan keyword
Bracket, bracket generator, bracket builder, bracket generator online dll
keyword diatas terbukti manjur untuk mendapatkan apa yang saya inginkan, muncul berbagai macam situs yang dapat membantu/meng-generate membuat skema pertandingan secara otomatis.

bukti
ada situs yang berbayar, ada yang trial, ada yang dalam bentuk aplikasi, dll. dari berbagai macam pencarian tadi ada beberapa situs yang bisa saya rekomendasikan, antara lain :

  1. printyourbrackets.com
  2. oxfordcroquet.com
  3. freebracketgenerator.com
  4. leagator.com (yang saya gunakan)
  5. Tournament Bracket Builder (Program offline)
Untuk program Tournament Bracket Builder, hasilnya nanti di generate dalam bentuk file Html, lihat dibawah ini.

tampilan program

hasil generate
pada tampilan awal program silahkan setting nama turnamen (tournament title), jumlah peserta (tournament size), dan model kompetisi (tournament type) pilih single elimination.
 untuk yang online saya gunakan leagator.com, perhatikan dibawah ini :

halaman awal

hasil generate
Setting-nya lebih simpel, tinggal pilih mau yang bisa di edit atau tidak (non-editable), masukkan jumlah peserta dan clinggg... skema sudah jadi
Untuk yang kurang jelas silahkan tinggalkan coretan di kolom komentar, atau tunggu video tutorialnya ;-) *kalo saya sempat bikin
Tambahan : untuk sistem gugur, seperti di liga-liga yang di siarkan di tv itu gunakan keyword Round Robin. atau tunggu cerita saya selanjutnya..

Salam_

Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Unknown
admin
13 February 2018 at 20:30 ×

ada yg bisa terintegrasi dengan excel, soalnya dalam satu kejuaraan berbeda kelas (berdasarkan berat) ex: 1 perguruan memiliki beberapa atlet yg mengikuti kelas berbeda. sedangkan peserta hampir mencapai 1000, agar memudahkannya adakah yg terintegrasi langsung ke excel?

Reply
avatar