Membuat skema pertandingan dengan Excel - Manual

Sambil malem mingguan di depan rumah ditemani secangkir kopi, saya putuskan untuk membuat postingan ini. siapa tau bermanfaat bagi orang lain.. :-) Jadi, sebelumnya saya pernah memposting cara membuat Skema atau Bagan pertandingan secara otomatis. 
Baca : Membuat Skema atau Bagan Pertandingan Otomatis
Nah, di kesempatan ini saya akan membagikan cara membuat skema pertandingan manual menggunakan mc. Excel. perlu di ketahui sebelumnya saya tidak akan berbagi cara membentuk skema pertandingan di Excel karena bentuk skema pertandingan itu sendiri biasanya akan berubah (berbeda) sesuai dengan jumlah peserta. 
JADI, SEBENERNYA MAU BIKIN APA GAN??
Sabar, saya anggap kita semua sudah membuat skema pertandingan secara manual dengan Excel seperti contoh skema sederhana buatan saya di bawah ini :

skema sederhana
Jadi, saya bermaksud untuk membuat skema saya diatas dapat secara otomatis menampilkan nama pemenang di babak selanjutnya. kok jadi otomatis, heheheh -"ya sudahlah, lha wong judulnya terlanjur bikin manual, toh skemanya di buat manual"-
Intinya adalah saat saya memasukkan hasil pertandingan (kotak merah) maka tim yang memiliki nilai lebih besar akan tampil di babak selanjutnya (kotak kuning), dst
Kalo yg udah lama main Excel pasti tau rumus yang akan digunakan itu seperti apa, hehehe rumus yang digunakan untuk mengisi sel E4 (warna kuning) adalah :
=IF(C3>C5;B3;IF(C3<C5;B5;IF(C3=C5;"-")))
Kalo di bunyikan, rumus diatas kurang lebih seperti ini :
Jika sel C3 lebih besar dari sel C5, maka yang akan di tampilkan di sel E4 adalah sel B3 (PUMA). Jika sel C3 lebih  kecil dari sel C5, maka yang di tampilkan di sel E4 adalah sel B5 (RAJAWALI), dan Jika sel C3 nilainya sama dengan C5, maka yang akan di tampilkan di sel E4 adalah "-" (tanda minus).
Hasilnya akan menjadi seperti ini :

setelah di beri rumus
Untuk sel yang lain tinggal di sesuaikan saja, gampangkan ?? udah segitu aja, cara saya membuat skema manual yang agak-agak otomatis untuk mengisi malam minggu ke abu-abuan ini. terimakasih





Previous
Next Post »