Bagaimana cara Excel menyimpan tanggal??

Pernah di suatu masa, saya melakukan copy-paste data dalam bentuk tanggal dari sebuah workbook ke workbook yang lain tapi hasilnya tidak seperti yang di harapkan. yang muncul kemudian (setelah di paste) malah angka acak. seperti contoh dibawah ini.

angka acak yang muncul
Setelah berkonsultasi dengan paman Google akhirnya saya memperoleh sedikit pencerahan dari hasil tulisan om-om bule tanpa nama di situs INI. dia mengatakan (dengan bahasa inggris yang baik) bahwa 
Excel menyimpan data tanggal dan waktu dalam bentuk angka yang merepresentasikan jumlah hari di hitung sejak 1 Januari 1900, atau di sebut "Serial Date / Serial Date-Time".
atau bisa juga di lihat di link INI (English) dan INI (Indonesia) 
Karena di sebut "Serial Date-Time" maka sudah pasti waktu (Jam) juga di konversi menjadi angka desimal oleh si Excel, yaitu angka 0 mewakili pukul 00:00:00 sampai dengan 99999 mewakili pukul 23:59:59.
Untuk mengetahui masalah waktu/Time, silahkan berkunjung ke link web om-om bule yang saya berikan diatas atau nanti di bawah. jadi kita fokuskan untuk tanggal ya (yang gampang aja..), supaya lebih jelas lihat contoh dibawah :

hasil paste berubah menjadi angka
Saat saya meng-copy data (10 Oktober 1997) dari Workbook sebelah kiri, maka saat di pastekan di Workbook sebelah kanan berubah menjadi angka 35713. yang artinya dari 1/1/1900 sampai dengan 10/10/1997 berjarak 35713 hari. -untuk mempermudah mengetahui jumlah hari saya menggunakan bantuan SITUS INI-. lihat gambar

selisih 1 hari ya, :D
Kenapa bisa selisih 1 hari??
Mungkin, (ini mungkin lo ya..) situs diatas ndak menghitung tanggal 1/1/1900-nya, jangan di permasalahkan ya malu nanti kalo salah jawab. poin yg ingin saya sampaikan adalah :
Excel menyimpan data tanggal dan waktu dalam bentuk angka desimal, sebab itulah muncul angka-angka keramat acak seperti yang saya contohkan diatas.
Lalu bagaimana caranya supaya data dari workbook 1 dapat di pindahkan (paste) ke workbook 2 dan tidak berubah menjadi angka??. gampang sebenarnya,
Sebelum di-paste-kan ke Workbook 2, pastekan dulu ke Notepad.
paste-kan dulu ke notepad
Udah, segitu dulu, cape....

Sumber : CPEARSON MSENG MSID DATEANDTIME GOOGLE1 GOOGLE2




Previous
Next Post »