Membuat tabel diblog via Google Sheet (Embed)

Dicatatan sebelumnya, membuat contoh kata serapan yang di pinjam dari bahasa Tamil. Sempat ragu mau dibikin daftar biasa atau menggunakan tabel, akhirnya saya putuskan untuk menggunakan Tabel. Tapi bingung lagi mikirin cara bikin tabel di blog, *waduh. akhirnya saya putuskan untuk mencari cara membuat tabel yang gampang, tapi tampilannya cakep + (plus) bisa di Update isinya, hasilnya saya dapat 2 cara untuk membuat tabel diblog.
Cara 1 : Menggunakan Ms. Word untuk membuat tabel - save dengan format Web Page - lalu buka file menggunakan Notepad - cari dan copy kode tabelnya - pastekan di postingan kita - selesai. kelebihan dari cara ini katanya bisa dilihat dalam format mobile-nya juga, tapi kekurangannya kita akan kesulitan meng - Update - isi tabel tadi karena kodenya Buanyak.
Cara 2 : Menggunakan Google Drive/Docs (mana yg bener??) cara ini yang nanti akan kita gunakan.
Redi??
Disini kita anggap bahwa kita sudah punya file tabelnya yang kita buat dari Ms. Excel, atau bisa juga dibuat langsung melalui Google Doc, dan kita lewati cara importnya..

1. Import File Excel ke G. Drive

Setelah File Excel dibuat, Eksport File kita tadi ke G.drive (bikin akun Google dulu bagi yg belum punya), caranya seperti dibawah.

import file excel ke google drive
setelah ter-Upload, Klik kanan pada file dan Open With Google Sheet maka akan terlihat tabel yang kita buat sebelumnya

lihat file excel via google sheet
jika sudah sampai tahap ini berarti kita telah menyelesaikan tahap Import File dengan baik, oya, ciri lainnya adalah akan muncul file baru dengan nama yang sama di atas file yang kita import sebelumnya. lanjut

2. Embed Tabel dari G. Drive/Sheet

Buka file yang BARU muncul otomatis (bukan file excel) tadi, klik File - Publish to The Web - klik Start Publishing - pilih sheet yang ingin ditampilkan - ganti web page dengan HTML to Embed .... - masukkan range tabel kita - copy Embed Code yang ada di dialog box tersebut ke blog kita.
seting embed
Ingat, saat mem-pastekan kode editor tulisan kita harus pada mode HTML bukan compose

editor pada mode HTML

Tanda kita sukses meng- embed -kan tabel ke post ini adalah saat kita rubah menjadi mode Compose, tabel akan terlihat dengan baik hanya perlu menyesuaikan ukuran frame-nya saja. caranya
<iframe frameborder="0" height="300" src="https://docs.google.com/spreadsheet/pubkey=KODEBLABLABALAisdidasidaoisdoaidaoisd&amp;single=true&amp;gid=0&amp;range=A1%3Ae19&amp;output=html&amp;widget=false" width="500"></iframe>
kode embed yang kita dapatkan dari google seperti yang diatas, silahkan dirubah tulisan yang berwarna UNGU untuk merubah/menyesuaikan ukuran tabel.

untuk melihat hasil tabel yang saya buat silahkan lihat catatan saya sebelumnya dan yang selanjutnya. terimakasih :)

CATATAN..!!
jika anda menggunakan Google Sheet yang baru, maka kita tidak bisa menghilangkan header dan memasukkan range tabel manual seperti diatas (sepertinya sudah otomatis). tapi untuk memasukkan tabel kedalam tulisan diblog tidak ada bedanya.
tampilan publish di new google sheet

Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Arafa R Aziz
admin
25 August 2023 at 15:09 ×

range=A1%3Ae19
kak yg ini maksudnya gimana?

Reply
avatar
Arafa R Aziz
admin
25 August 2023 at 15:14 ×

kak kok punya saya heighnya ndak berubah ya?

Reply
avatar