Menghitung selisih waktu di Excel

seperti yang saya janjikan di catatan sebelumnya, kita akan buat catatan tentang fungsi "datedif" di Excel, catatan ini akan berguna untuk menghitung selisih waktu. catatan ini bermula saat mendapat tugas untuk membuat usulan penerima fungsional disekolah kami. dimana, salah satu rincian data yang harus dituliskan adalah "lama mengajar" dihitung sejak pertama kali SK diturunkan.
nah, pada saat usulan diatas saya buat saya masih menggunakan cara manual, yaitu :
jumlah semester sejak SK pertama + jumlah bulan pada semester yg sedang berjalan :D
 agar tidak mengulangi kesalahan diatas akhirnya saya kembali menghadap pada GOOGLE, dan akhirnya diberikan clue, yaitu menggunakan fungsi "datedif".
=DATEDIF(XX,TODAY(),"Y")&" Tahun "&DATEDIF(XX,TODAY(),"YM")&" Bulan "&DATEDIF(XX,TODAY(),"MD")&" Hari "

  1.  XX = sel waktu awal yang menjadi patokan (start date)
  2. jika ingin menampilkan waktu lengkap gunakan semua rumus diatas
  3. jika ingin menampilkan TAHUN dan BULAN, gunakan rumus biru dan orange
  4. jika ingin menampilkan TAHUN saja, cukup gunakan rumus yang berwarna biru
hasilnya seperti contoh dibawah ini :


untuk yang ingin mengetahui tentang rumus ini, silahkan berkunjung ke link sumber yang saya sediakan dibawah ini.

Sumber : (1) Sumber, dan (2) Sumber
Previous
Next Post »