Membuat tabel klasemen dengan Excel - versi 2

Masih berhubungan dengan kesibukan baru yang saya jalani akhir-akhir ini, yaitu menjadi panitia turnamen bola voli di kampung halaman tercinta :D. Kemarin atau di tulisan saya yang sebelumnya saya sudah berusaha membuat tabel klasemen untuk masing-masing grup yang bertanding,  lihat di LINK INI. Tapi di hasilnya punya kekurangan, yaitu ranking yang di hasilkan masih menggunakan kategori tertentu,
Ranking dari jumlah poin, berbeda dengan ranking dari jumlah butir skor.
Padahal seharusnya, menurut bapak wasit dan beberapa sesepuh olahraga di desa saya, ranking grup diperoleh dari atau merujuk pada :
JUMLAH POIN yang di peroleh masing-masing tim <jika ada jumlah poin yang sama> dilihat JUMLAH SET KEMENANGAN setiap tim <jika ada set kemenangan yang sama> di tentukan berdasarkan JUMLAH TOTAL BUTIR SKOR yang diperoleh masing-masing tim. 
 Jadi, meluncur ke tempat dukun langganan, yaitu Eyang Google.

pencarian gugel
dari hasil beberapa kali bergonta-gonta kata kunci dalam bahasa Indonesia, seperti "membuat tabel klasemen dengan excel, mencari ranking turnamen dengan excel, dll" hasilnya kurang memuaskan. jadi ganti menggunakan keyword bahasa english, "rank excel no duplicates" lalu ditunjukkan ke sebuah forum yang sepertinya membahas tentang Excel. Lihat di LINK ini, disitu ada seorang user bernama -YasserKhallil - bertanya bagaimana caranya membuat ranking tanpa duplikat (ranking yang sama), dan di beri beberapa solusi oleh seorang user bernama - T.Valko -

solusi dari om valko
Dari hasil diskusi itu ada sebuah kata sakti yang saya temukan, yaitu " TIE BREAK" entah apa arti bahasa Indonesia-nya :D . di contoh atas, om valko cuma ngasih rumus untuk 1 Tie Break, tapi kemudian dia juga memberikan untuk 2 Tie Break

solusi kedua dari om valko
Nah, solusi kedua ini yg mau saya contek habis-habisan, "Tie Break 1 untuk Set Kemenangan" dan "Tie Break untuk Jumlah total butir Skor", pas kan?? :D

punya saya, hehehe
Ini rumus di sel I2
=RANK(G2;$G$2:$G$7)+SUMPRODUCT(--($G$2:$G$7=G2);--($F$2:$F$7>F2))+SUMPRODUCT(--($G$2:$G$7=G2);--($F$2:$F$7=F2);--($H$2:$H$7<H2))
Keterangan :
          - (Tie Break 1) - set menang - sel F2-F7
          - (Tie Break 2) - jumlah butir skor - sel H2-H2

contoh File Saya :
          - File 1
          - File 2

Udah, segitu aja liku-liku saya mencari cara membuat tabel klasemen di excel, sumber dan semua link sudah saya sisipkan diatas. jika ada pertanyaan silahkan kirimi saya surat :D
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
5 March 2022 at 16:50 ×

BISA MINTA AKSES FILE 1 DAN 2 mIN... TERIMA KASIH SEBELUMNYA

Congrats bro hambali-silat you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar