Cara memperkecil ukuran file pdf online dan offline

Tugas baru sudah menanti para operator, khususnya operator EMIS ( Education Management Information System ). dari berita yang di sampaikan oleh operator Kabupaten, sepertinya para admin diwajibkan untuk mendaftar kembali. dalam rangka itu semua para operator sekolah di minta untuk mempersiapkan file pasphoto (dengan background merah), data diri, EMail aktif (tapi namanya gak boleh alay), dan file hasil scan SK pengangkatan menjadi operator dari sekolah (ukuran max 200kb).
Nah, di bagian terakhir itu yang sedikit mengalami kesulitan karena ukuran file maksimal yang diperbolehkan hanya 200 kb. upaya pertama, saya coba gunakan program yang biasanya cukup mumpuni yaitu, Foxit PhantomPDF. 
Bagi yang tidak memiliki program yang saya sebutkan diatas, silahkan cari (download) terlebih dahulu. atau, silahkan menuju cara memperkecil file menggunakan cara online (bawah).
Hasilnya kurang memuaskan karena ukuran file yang di hasilkan masih cukup besar, berkisar antara 400-600Kb. berikut ini cara untuk memperkecil ukuran File PDF dengan menggunakan Foxit PhantomPDF (Offline)

(1) Buka file menggunakan Foxit PhantomPDF

buka file SK operaor

(2) klik File lalu pilih menu Reduce File Size

pilih menu reduce file size

(3) beri nama berbeda dengan file asli supaya tidak tertimpa (replace) klik save

simpan file

(4) selesai, silahkan dibandingkan ukurannya dengan file asli ;)

Karena target ukuran belum tercapai, maka saya cari cara memperkecil file pdf secara online. akhirnya bertanyalah kepada om gugel dengan keyword :
PDF Resizer
 oleh google ditunjukkan beberapa situs yang mempunyai fitur memperkecil ukuran file PDF, antara lain :

hasil penelusuran google

Setelah mencoba satu per satu situs yang di tunjukkan oleh om google diatas, hasil terbaik yang saya peroleh dari situs yang saya beri kotak merah ( https://pdfresizer.com/resize)
Dan cara memperkecil file PDF secara online melalui situs "pdfresizer.com/resize" adalah sebagai berikut :

(1) Upload file yang akan anda perkecil ukurannya, lihat langkahnya (bulatan merah) seperti gambar di bawah

Upload file

(2) Setelah file ter-upload pilih "low quality (72 dpi images)", setelah itu klik tombol biru bertuliskan "looks good, do the magic".

langkah-langkah

(3) dan, Voilaa.... ukuran file sudah di bawah 200kb (lihat kotak merah), dan silahkan download file yang anda idam-idamkan tersebut. terima kasih

Sumber : Google.com
Previous
Next Post »