Cara mudah menghitung jumlah kertas hasil cetak/print

Setiap kali melakukan penelusuran yang berhubungan dengan perawatan catridge, maka saya simpulkan bahwa biasanya akan mendapatkan sebuah kata kunci yaitu "jangan sampai telat isi ulang tinta". Nah, bagaimana supaya tidak sampai telat tadi..?? tentu kita harus tahu kapan waktu yang tepat untuk isi ulang tersebut, sebenarnya akan lebih mudah jika ada peringatan/indikator yang memberi tahu kita bahwa tinta di dalam catridge sudah mulai menipis seperti saat Catridge masih baru

gambar catridge baru

Nah, dari hasil olah ilmu melakukan penelusuran di gugel, akhirnya saya mendapatkan beberapa tulisan yang menyarankan supaya kita hitung saja kertas hasil cetak selama ini untuk menjadi patokan kapan kita akan melakukan isi ulang pada catridge. caranya kebanyakan menggunakan software, tapi dari situ jadi kepikiran "apakah ada fungsi atau fitur bawaan Windows yang memungkinkan kita untuk menghitung lembar demi lembar hasil cetakan kita???" ternyata jawabannya ada, seperti yang ditunjukkan oleh tutorial di link -Berikut- Sayangnya tutorial diatas untuk Windows XP, harus mikir sedikit lagi untuk para pengguna Windows 7 seperti saya. setelah meneguk 1/4 kopi terakhir dari dalam gelas, akhirnya saya mencoba untuk mengikuti langkah pada tutorial diatas di Windows 7. berikut langkah-langkahnya, silahkan di ikuti, dicermati, dan di koreksi (jika ada yang salah).

Buka Control Panel - System and Security - Administrative Tools - Computer Management - Performance - maka akan tampil jendela baru seperti dibawah ini.

jendela computer management
Lalu klik pada  - Data Collector Sets - seperti yang ditunjukkan oleh panah merah diatas, lanjut ke - User Definied - lihat disebelah kanan akan anda temukan panel - Actions - More Actions - New - Data Collector Sets -

create new data collector
jika langkah anda benar maka akan tampil dialog seperti dibawah ini.

pilih manual
Pilih - Create Manually - Next - selanjutnya akan tampil dialog untuk memilih tipe data logs yang kita inginkan.

pilih (ceklis) - Performance Counter - Next - lalu kembali muncul dialog seperti dibawah ini berturut-turut.

klik - Add -
print queue
Temukan - Print Queue - dan - Total Pages Printed - maka akan muncul sejumlah printer yang telah terinstal di PC atau Laptop.
total pages printed
Pilih printer yang ingin dihitung jumlah cetakannya, kebetulan saya menggunakan 2 unit printer (ip 2770 dan MP250), klik - Add - Ok

log counter yang telah terpilih
Klik - Next - lalu pilih directory / letak tempat filelog tersimpan - Next -
pilih directory logfile

finishing
Pada tahap ini sebenarnya pembuatan counternya telah selesai, tapi perlu sedikit setting lagi oleh sebab itu klik (ceklis) - Open Properties for This Data Collector Set - Finish

hitung kertas properties
Muncul dialog HitungKertas Properties, pada tab directory dan kolom  - Subdirectory name - berfungsi untuk memberi tambahan nama pada logfile yang kita buat. selanjutnya klik pada - Tab Schedule - untuk mengatur waktu aktif dari penghitung yang telah dibuat.

tab Schedule
Kolom - Beginning date - diisi dengan kapan waktu memulai perhitungan dan - Expiration date - untuk mengatur kapan waktunya berhenti menghitung (lihat gambar atas)

datacollector01 properties
Selanjutnya, klik pada - HitungKertas - klik kanan pada - datacollection01 - . Pada log format akan muncul beberapa pilihan format filelog yang akan dibuat (comma separated, tab separated, Sql, Binary), saya menggunakan 2 format, yaitu comma separated dan binary. setelah selesai tekan - ok -

tombol play (hijau)
Untuk menjalankan PenghitungKertas, klik pada tombol segitiga berwarna hijau, seperti yang di tunjukkan oleh gambar diatas.

logfile dengan model binary dan comma separated
Setelah mencoba untuk mencetak 1 lembar dokumen menggunakan printer ip 2770 maka hasil logfile saya, lihat gambar atas, dan isinya silahkan dicermati gambar dibawah ini.

logfile comma separated
logfile binary
Pada logfile yang menggunakan model Comma separated terlihat waktu pengambilan sampel data, jika ingin merubah range waktunya silahkan ikuti cara berikut - buka properties datacollector01 - setting pada kolom sample interval - seperti pada gambar dibawah ini.
setting waktu interval pada logfile
Ribet ya penjelasannya...?? tapi untungnya saya sendiri paham, hahahaha
Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
Unknown
admin
17 February 2015 at 11:41 ×

om, template kita samaan.. :D hahaha
nih : http://adnan-zaki.blogspot.com

Reply
avatar
Unknown
admin
17 September 2015 at 16:21 ×

Makasih bro ilmunya

Reply
avatar
mashudi
admin
25 February 2019 at 14:31 ×

sya sudah berhasil sampai menu play yg warna hijau itu muncul,tapi setelah sya buat print, hasil yg dalam bentuk excel itu tidak ada,saya pakai win 10 .bisa dibantu???

Reply
avatar