Menghitung Data dengan Multi Kriteria

Ditulisan yang sebelumnya saya telah menceritakan pengalaman Menghitung data dengan kriteria tertentu pada Microsoft Excel. pada tulisan itu pula saya telah berhasil menghitung jumlah kelas X (Sepuluh) diantara kumpalan data siswa yang telah Lulus (Alumni) dan kelas-kelas lainnya.
Lalu saya ingin tahu, bagaimana jika saya ingin "menghitung jumlah kelas X" sekaligus ingin mengetahui "jumlah berdasarkan kelaminnya"..??
Saatnya mulai merapalkan beberapa mantra yang saya khususkan kepada Sang  Mbah Google, berikut ini adalah cuplikan mantra yang saya rapalkan untuk Mbah Google,
rapalan mantra sakti
Karena ditulisan sebelumnya saya telah diperkenalkan pada "CountIf", maka saya kembali menggunakan mantra ini untuk memberikan sebuah pencerahan pada hidup saya, dan oleh kuasa Mbah Google saya di pertemukan dengan blog agan Soemardi yang menulis tentang penggunaan multiple criteria pada excel. saya coba praktekkan, tetapi gagal (mungkin saya kurang teliti), saya tidak menggunakan cara ini untuk kedua kalinya karena sudah gagal 1x dan cara ini mengharuskan saya untuk membuat kolom tambahan pada kumpulan data saya yang fungsinya untuk menggabungkan 2 kriteria yang akan saya hitung (pada kasus saya adalah kelas dan jenis kelamin.
Kembali saya merapal mantra, hasilnya saya di pertemukan dengan tulisan agan Hermawan Setyaji yang berjudul menghitung jumlah data dengan multi kriteria - bag 2. agan satu ini memperkenalkan saya pada mantra baru, yaitu:

=SumProduct((Range="criteria1")*(Range="criteria2")....dst)

Penjelasannya :
  1. SumProduct - Fungsi
  2. Range - seperti biasa, cakupan data yang akan kita jadikan kriteria perhitungan
  3. Criteria1, 2, - Kriteria yang akan kita hitung
  4. dst - perlu penjelasan?? hehe
Perhatikan contoh dibawah untuk menggunakan rapalan mantra baru diatas :

data awal
Setelah saya gunakan mantera ini untuk mencari "jumlah siswa Laki-laki" di kelas "XI IPS" maka hasilnya sebagai berikut

hasil perhitungan siswa laki-laki kelas xi ips
Karena kebiasaan Excel yang menyesuaikan range secara otomatis ketika di copy pada sel disebelah atau dibawahnya, maka saya tambahkan tip dalam bentuk dolar pada mantra awalnya. perhatikan

 =SUMPRODUCT((B4:B26="XI IPS")*(D4:D26="L"))
menjadi
=SUMPRODUCT(($B$4:$B$26="XI IPS")*($D$4:$D$26="L"))

Jika menggunakan rumus kedua, maka pada saat selesai meng-copy rumus ke sel ke-2, kita tinggal merubah kriteria 2 menjadi "P". perhatikan

hasil perhitungan siswa perempuan kelas xi ips
selesai, sampai sini saya percaya bahwa uang memudahkan segalanya (hehe). pemberian tanda "$" akan terasa manfaatnya apabila kita memiliki kriteria dalam jumlah banyak.
Pada tulisan ini dan sebelumnya, saya tidak bermaksud untuk membandingkan ataupun menilai cara mana yang terbaik (countif atau sumproduct), maupun membandingkan beberapa penulis yang dengan ikhlas memberikan ilmunya kepada saya. blog ini saya buat sebagai buku tulis bagi apapun yang saya dapatkan dari bisikan Mbah Google.
Previous
Next Post »