Menghitung data dengan kriteria tertentu

Seperti biasa, semua selalu diawali dari pekerjaan yang berhubungan dengan Excel. awal kisah, atasan memberikan tugas untuk merapikan data siswa peninggalan pegawai TU sebelumnya, sebenarnya hanya data dari kelas X (sepuluh) yang diminta untuk dirapikan, tetapi berhubung akhir minggu (hari santai nasional) seluruh data yang ada saya satukan (termasuk alumni). Kebetulan sekolah kami belum lama berdiri, jadi data yang perlu digabungkan tidak terlalu banyak. kendalanya adalah file datanya terdiri dari beberapa bagian,

data yang harus digabungkan
Karena terdiri dari beberapa bagian (file), maka akan dijumpai nama-nama ganda. pengumpulan dan penyortiran data berjalan lancar, dan terbentuklah sekumpulan data siswa dari awal berdiri hingga sekarang.

data setelah digabungkan
Selesai..?? belum, karena cerita diatas baru pengantar, sebenarnya tugas saya sudah selesai hingga tahap ini (sesuai permintaan atasan). Nah karena data rapi, sistematik, tersetruktur, dan tidak masif (karena hanya 300an nama) sudah tersedia, jadi punya keinginan untuk membuat rekap datanya, biar gak susah-susah menghitung berapa jumlah siswa kelas XI IPS, atau XII IPA (misalnya). akhirnya mulailah tahap merapal mantra di kotak penelusuran Google,

merapal mantra (keyword)
Seperti biasa Google selalu memberikan sesuatu yang berharga ketika saya merapalkan mantra dengan benar, atau paling tidak mendekati benar (jujur saya perlu berkali-kali mengganti mantra yang cocok). hasil pencarian pertama menuntun saya ke website resmi microsoft dengan bahasa robotnya, lalu menuntun saya ke sebuah blog milik mas/mbak (fotonya sih cewe) zully kause dengan judul "menghitung jumlah lulus dan tidak lulus pada excel", metodenya bisa digunakan karena hanya berbeda kategorinya. ditulisan diatas menentukan jumlah lulus dan tidak lulus, sedangkan saya menghitung jumlah kelas (X, XI IPS, XII IPA, dst).
kuncinya terletak pada :
COUNTIF : digunakan untuk menghitung jumlah data pada sebuah range tabel yang memenuhi kriteria dari kondisi yang dipersyaratkan pada parameter fungsi. (sumber)
 =COUNTIF(range;criteria)
  1. CountIF, Fungsi dasarnya
  2. Range, cakupan data yang ingin kita hitung, misalnya "A1:A32" (sel A1 hingga sel A32)
  3. Criteria, kriteria yang ingin kita hitung jumlahnya, contoh saya ingin menghitung jumlah kelas sepuluh maka criterianya adalah "X" 
perhatikan contoh dibawah :

contoh data
saya memiliki sampel data seperti diatas, jika saya ingin menghitung jumlah kelas XI IPS maka rumus yang digunakan adalah :
=CountIf(B4:B26;"XI IPS")
Penjelasannya :
  1. Countif - sudah sangat jelas
  2. B4:B26 - range atau cakupan data yang akan dihitung
  3. "XI IPS" - jumlah data (criteria) yang ingin dihitung
hasilnya
Cukup mudah..?? melanjutkan cerita diawal, sampai disitu masih cukup mudah sampai nantinya saya akan menghitung dengan "multi criteria" atau menghitung dengan 2 kriteria. maksudnya saya akan menghitung jumlah SISWA PEREMPUAN (criteria 1) di kelas XI IPS (criteria 2). tunggu saja kelanjutannya ;)
Catatan : pada penulisan kriteria yang berbentuk KATA jangan lupa menambahkan tanda petik (") untuk mengapit kriterianya..!!
Previous
Next Post »